Agenda Desember

Oleh: Averos Lubis

Bulan berbulan telah dilewati. Dimulai dari awal tahun yaitu, Januari bergerak hingga menuju akhir tahun Desember. Penuh dengan makna dalam perjalanan bulan ini, ada kisah gembira diiringi penuh dengan derai tawa kala bulan januari.

Lalu, memasuki bulan Juli, datanglah sebuah pesta Demokrasi, adanya Pemilihan Umum (Pemilu). Pemungutan suara diselenggarakan pada 8 Juli 2009. Dan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berhasil menjadi pemenang dalam satu putaran langsung dengan memperoleh suara 60,80%, mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.

Sampai, datanglah sebuah kisah pilu pada bulan September, terjadi Gempa dengan 7,6 skala ritcher yang meluluhlantakkan Padang. Seperti dialami kawan-kawan dari Tabloid mahasiswa Ganto dari Universitas Negeri Padang ikut jadi korban gempa pada 30 September 2009 itu, dengan lantai sekretariat mereka retak, akibat kenaikan tanah setinggi 30 cm

Kemudian, perlahan namun pasti datang sang bulan Desember, kalau diibaratkan adalah bulan penutup tahun. Yang biasanya selaku tempat kita untuk merenung atas apa saja sudah kita lakukan selama 11 bulan silam. Baik, buruk, berguna, tak berguna bercampur-aduk menjadi satu hal yang utuh.

Apa lacur dikata, semua itu telah kita lakukan, jangan menyesal untuk melakukannya. Karena itulah esensi manusia melakukan suatu hal yang diinginkannya melalui suatu peperangan antara ego, it, serta super egonya. Human Is Human.

Kemudian, dalam oase corner ini penulis pun mengajak bahwa dalam bulan Desember ini banyak hal dapat kita lakukan selain berceria dan merenung. Semisal, 1 Desember memperingati hari HIV-AIDS, penyakit akut berbahaya yang belum satu pun dokter dan ilmuwan menemukan obat mujarabnya. Menyusul akan adanya Hari Antikorupsi sedunia, 9 Desember. Dapat kita lihat masih banyak oknum, tak menyukai adanya orang ataupun lembaga mengawasi oknum-oknum koruptor, laksana dialami oleh KPK.

Lalu, pada tanggal 10 Desember, memperingati Hari HAM (Hak Asasi Manusia). Hak dasar yang siapa pun harus menghormati HAM. Sehingga, manakala di bulan Desember ini kita dapat memperingati hari-hari itu, sesuailah bahwa pada bulan Desember ini, Desember Ceria. Bulan penuh dengan kegiatan serta aktifitas positif.

Apa lagi yang harus ditunggu kawan? Mari berkegiatan dalam “Desember Ceria” ini. Setelah melewati berbagai hal penuh kemurungan. Waktunya untuk bergerak, tak hanya ‘berpagut lutut’ plus melihat-lihat saja.

Akhirulkalam, mari kita berdendang lagu ‘September Ceria’. Namun, mengubah kata September menjadi ‘Desember Ceria’.

/kau singkap tirai kabut di hatiku/
/kau isi harapan baru untuk menyongsong harapan bersama/
/desember ceria .. desember ceria/
/desember ceria .. desember ceria/
/milik kita bersama/

Tentang averoslubis

cute, santai dan yoman sajalah...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Agenda Desember

  1. averoslubis berkata:

    Tulisan untuk kawan2 di majalah Minimgaz OASE…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s