“Jawasentris kah?”

Oleh: Averos Lubis

“Akhirnya datang juga,” itulah kata yang diucapkan salah seorang presenter di stasiun televisi swasta nasional ketika membawakan acaranya. kalau tidak salah itu untuk acara lawak, bertujuan menghibur kiat untuk menghilangkan penata dalam pikiran.

Hal yang sama dengan suasana prcaturan politik Indonesia. Akhirnya Presiden SBY menggandeng Bapak Boediono sebagai cawapresnya untuk pemilu presiden 2009 nanti. Pun mereka mendeklarasikan duet mereka menjadi SBY-Berbudi. Banyak pengamat politik mengatakan duet mereka sesuai, dibandingkan memilih cawapres dari partai poltik lainnya. ada juga mengatakan, karena Demokrat adalah partai nasionalis. Jadi pun keduanya harus nasionalis.

Boleh saja nasionalis, tapi bila keduanya berasal dari daerah satu suku yang sama. Apakah dapat dikatakan nasionalis? Lebih baik harus berasal dari daerah lain. Jadi ada kesinambungan terjadi.
Walaupun, siapapun cawapres yang akan dipilih SBY, tetap nilai jual SBY tinggi.

Kalau kata anak gaul simpatisan Partai Demokrat, jargon partai poltik itu diplesetkan menjadi lanjutkan bray,,,,

Luar biasa memang ssosk SBY dalam pandangan masyarakat. Ia Lebih populis, itu juga karena memang ia punya posisi sebagai seorang Incumbent. Secara tak langsung pun lebih terlihat berlawanan dengan capres lainnya.

Penulis bukan bermaksud tidak setuju dengan duet SBY-Berbudi. Melainkan sedikit mengkritisi. Apakah masyarakat di Indonesia yang terdiri dari sabang sampai merauke ini, dapat menerima SBY Berbudi. Atau malah masyarakat dari luar jawa mengatakan, “Jawasentris lagi nih?” moga-moga tak terjadi perpecahan di bangsa kita tercinta tempat kita dilahirkan dan semoga juga tempat kita mengkhiri akhir hayat hidup kita.

Akhirul kalam. Semoga SBY Berbudi bersikap benar-benar nasionalis. Tidak membedakan setiap etnis serta memberikan kemakmuran bagi seluruh pulau di Indonesia tercinta ini. Dan tak ada lagi kasus otonomi daerah bersikap berlebihan seperti, Protap di Sumatera Utara. Tak ayal beberapa daerah ingin memerdekan diri seperti beberapa tahun lalu. Amin,,

Tentang averoslubis

cute, santai dan yoman sajalah...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s